NAMA :MUH SAPUTRA RAMDANI
NPM :14111619
KELAS :2 KA 35
HAMBATAN-HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
Dalam proses organisasi tidaklah selalu mulus,
tentunya akan banyak terjadi hambatan-hambatan pada perjalanananya. Hambatan
yang sering muncul adalah hambatan komunikasi, karena komunikasi adalah
kunci utama dalam kesuksesan organisasi mengingat
banyaknya orang yang terlibat didalammnya. Hambatan tersebut tentunya bukan
menjadi suatu pengganjal dalam organisasi karena semua hambatan pastinya dapat
diselesaikan dengan baik dan tepat. Berikut ini adalah macam-macam hambatan
dalam organisasi yaitu :
Hambatan dari Proses Komunikasi yaitu hambatan yang
timbul dari ketidak jelasan informasi yang akan disampaikan.
Hambatan Fisik yaitu hambatan yang terjadi akibat ada
gangguan cuaca, gangguan sinyal, dsb
Hambatan Semantik yaitu hambatan yang terjadi akibat
pemahaman yang sedikit mengenai bahasa dan istilah-istilah asing yang digunakan
dalam informasi atau pesan
Hambatan Psikologis yaitu hambatan yang berasal dari
gangguan kondisi kejiwaaan dari si pengirim pesan atau penerima pesan sengingga
mengakibatkan informasi tersebut mengalami perubahan
Hambatan Manusiawi yaitu hambatan yang terjadi akibat
tingkat emosi manusia yang tidak menentu dalam menyikapi informasi atau pesan
Hambatan Organisasional yaitu tingkat hirarkhi,
wewenang manajerial dan spesialisasi yaitu hambatan yang timbul akibat
komunikasi dengan atasan atau bawahan mengalami kendala seperti tingkat
pemahaman terhadap suatu informasi yang berbeda yang mengakibatkan sebuah
hambatan.
Hambatan-hambatan Antar Pribadi yaitu hambatan yang
timbul antar pribadi didalam sebuah organisasi, biasanya hambatan ini muncul
karena adanya salah paham antar pribadi yang menyangkut masalah tugas dan
wewenang dari orang yang ada dalam organisasi.
Dari berbagai hambatan tersebut diatas dapat
disimpulkan bahwa proses komunikasi itu tidak mudah dan memerlukan jalan yang
sangat panjang untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam organisasi dan dalam
aktivitas lainnya.Tetapi hambatan tersebut bukanlah menjadi satu-satunya
penghambat dalam organisasi. Untuk memecahkan masalah hambatan tersebut diatas
berikut ini diurakian cara mengatasi hambatan komunikasi :
Memberikan umpan balik atau Feed Back yaitu memberikan
kesempatan pada seseorang untuk menyampaikan informasi dan gagasannya sehingga
tercipta komunikasi 2 (dua) arah
Mengenai si penerima berita yaitu mengenali latar
belakang , pendidikan serta kondisi penerima pesan agar pesan yang disampaikan
dapat diterima dengan baik dan mudah dimengerti oleh si penerima pesan.
Susunlah secara terperinci apa, dan kapan informasi
tersebut harus disampaikan dan kepada siapa informasi tersebut akan disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar